Sabtu, 07 Oktober 2017

wahyu hidayat

Jenis-jenis Burung Prenjak dan Perbedaanya

Postingan saya kali ini masih seputar burung-burung local. Dan burung-burung kecil yang dimana meeka ini merupakan tempat habitatnya berada disekitar kita. Bahkan disekitar pekarangan rumah kita. Kecuali pekarangannya berada diperkotaan ya tentu tidak ada.
Habitat burung pemakan serangga ini berada di daerah persawahan, sungai, rawa dan semak-semak. Sebelum saya memposting artikel jenis-jenis burung prenjak ini, saya terlebih dahulu sempat merawat dan memeliharanya. Karena bagi saya burung prenjak ini meski ukuran tubuhnya kecil, namun suaranya tidak kalah berbeda dengan burung-burung yang lain. Selain itu, burung prenjak banyak dicari karena dibuat sebagai masteran.
Awalnya saya sempat salah tafsir dan salah menanggapi. Karena jenis dari burung prenjak ini banyak macamnya. jenis-jenis Burung prenjak ini paling banyak ditemukan di daerah jawa timur. Karena daerahnya yang panas dan datarannya yang tidak terlalu tinggi menjadi tempat populasi dan berkembangnya species ini menjadi lebih gambang dan mudah berkembang biak. Tempat sarangnyapun tidak terlalu tinggi, asal tempatnya rindang, sejuk dan rimbun. Burung jenis prenjak ini suka tinggal dan membuat sarang disitu.
Lalu, apa saja jenis-jenis burung prenjak ini? Mari sama-sama saya ulas disini bersama gambarnya.
  1. Prenjak emas. Pada tipe prenjak ini adalah terdapat warna hitam di bagian lehernya dan belang-belang hitam bergaris dari leher ke bawah dadanya. Hal itu menandakan ia adalah si jantan. Kemudian jika dada putih polos menandakan ia adalah betina. Perbedaan yang lain dengan prenjak lumut ialah, prenjak emas ini lebih kecil disbanding prenjak lumut. Dan bunyinyapun juga berbeda dengan prenjak lumut. Banyak pecinta dunia burung lebih tertarik kepada prenjak lumutnya karena bunyinya yang nembak. 
  2. Prenjak lumut. Spesifikasi dari prenjak ini ialah, ia Nampak lebih besar dari prenjak emas meski warnanya agak sama. Yang paling mencolok ialah bahwa prenjak lumut memiliki warna yang dominan lebih pekat. Apalagi jika jantan, warna hitam jor dari leher hingga dada Nampak lebih hitam. Sedangkan yang betina, warna dada dari leher hingga dada Nampak putih mulus. Warna dada dan punggungnya yang berwarna hijau lumut juga menandakan perbedaan lain dari burung prenjak lumut dan prenjak emas..
  3. Prenjak lalang/alang-alang/prenjak sawah. Prenjak alang-alang atau prenjak sawah ini memiliki ekor yang agak panjang dari prenjak lumut dan prenjak emas. Perbedaan yang paling mendasar dari prenjak ini ialah, ia tidak memiliki corak warna yang dominan mencolok. Warna dominan adalah coklat ke abu-abuan. Dengan memiliki warna putih di atas matanya  atau alisnya. Burung prenjak alang-alang ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dari prenjak lumut atau prenjak emas. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini. 
  4. Prenjak rawa atau prenjak meong. Penjak ini dikatakan sebagai prenjak meong karena memang suaranya sama seperti suara kucing. Burung prenjak meong memiliki postur tubuh yang relative lebih besar dari pada prenjak lalang/alang-alang. Pada paduan warna, prenjak meong lebih agak gelap dan warna putih di dadanya lebih kuat. dinamakan prenjak meong karena memang memiliki suara khas seperti kucing saat berada di semak-semak dan keberadaannya jarang kelihatan atau dengan kata lain tidak mudah menampakkan diri di tempat-tempat terbuka.
  5. Prenjak putih atau ciblek. Burung prenjak yang satu ini merupakan burung prenjak favorite bagi pecinta dunia burung karena suaranya yang memiliki tembakan yang khas dan keras. Sehingga burung prenjak ini dijadikan burung masteran.
  6. Prenjak gunung. Burung dengan tipe tembakan yang hampir sama namun lebih rapat dengan prenjak putih atau ciblek ini, memiliki postur tubuh yang agak besar dan pajang kemudian ekor yang juga panjang dengan spesifikasi warna di kepala berwarna belang-belang bergaris hitam dengan warna dominan berwarna coklat. Sayap pada burung prenjak gunung juga belang-belang bergaris hitam dan dominan warna sayap coklat hitam pekat. Untuk si jantan, warna hitam pekat diparuh jadi dasar utama rujukannya. Perhatikan gambar untuk lebih detailnya.
Demikian postingan saya mohon hatur nuhun semoga informasi ini dapat berguna. Salam dunia burung!
Baca juga perbedaan jantan dan betina pada burung ciblek
Baca juga cara menjinakkan ciblek yang baru dapat dari hutan
Baca juga cara melatih burung ciblek agar mau makan voer

Subscribe to this Blog via Email :