Minggu, 10 Juli 2016

wahyu hidayat

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Yang Benar Agar Tetap Rajin Bunyi

    1 komentar:

Burung cucak jenggot tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di pulau jawa, pulau sumatera dan pulau Kalimantan. Namun keberadaannya sekarang sudah mulai jarang ditemukan lagi disekitar wilayah kita. Hal ini kemungkinan karena perburuan dan penangkapan yang terlalu berlebihan.
Bagi pecinta burung, terutama pecinta burung cucak jenggot sebenarnya sejenis dengan burung ini tergolong ke dalam spesies burung cucak. Seperti cucak rowo, cucak ijo dan crucukan. Mereka masuk dalam satu spesies karena makanan meraka yang mayoritas sama yaitu hewan yang tergolong ke dalam hewan pemakan tumbuhan atau herbivora. Makanan utama mereka adalah buah. Yakni seperti pisang, papaya, mangga, dan jenis buah-buahan lainnya. Namun bila ditelaah lebih dalam tentang burung cucak jenggot ini, ciri yang unik yang dimiliki burung ini ialah jenggot dan jambulnya yang sangat menarik dan indah untuk dipelihara. Selain hal tersebut, bunyi dan siul serta kicaunyapun juga indah dan melengking. Biasanya burung ini rajin bunyi pada pagi hari ketika matahari beranjak naik. Yakni antara pukul 05.30 sampai pukul 09.00
Bagaimana cara merawat burung cucak jenggot yang benar agar tetap rajin bunyi? Sebetulnya sama saja dengan cara merawat burung-burung yang lain, seperti burung ciblek, burung kenari, cucak ijo, cendet, murai dan kacer. namun karena setiap burung memiliki keistimewaan serta karakter yang berbeda-beda, maka jenis perawatannyapun juga sedikit berbeda.
Berikut cara merawat burung cucak jenggot yang benar agar tetap rajin bunyi

  1. Ukuran sangkar diharapkan untuk tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Hal ini diharapkan agar gerak dan aktivitas burung sehari-hari lebih nyaman, enak dan tenang. Sehingga burung lebih betah tinggal dan tidak malas untuk berbunyi setiap hari.
  2. Buka kerudung sangkar burung anda pada setiap jam 05.30 kemudian taruh sangkar burung tersebut di tempat yang lapang yang tidak terdapat atapnya sampai jam 07.30.
  3. Pada pukul 07.30 mandikan burung cucak jenggot anda setiap 3 hari sekali pada pagi hari atau sore hari. Tujuannya adalah agar burung tetap bersih. Namun bila burung anda sedang mlurak, anda boleh memandikannya setiap hari pada pagi hari atau sore hari. Bila anda memiliki bejana khusus untuk memandikan burung sebaiknya anda biarkan burung anda mandi sendiri.
  4. Kebersihan sangkar diharapkan selalu dalam keadaan bersih dan dibersihkan setiap pagi hari atau sore hari. Sekali lagi tempat yang nyaman membuat burung juga enak untuk beraktivitas. Kandang yang bersih juga dapat menghindari diri dari serangan penyakit pada burung sehingga burung selalu tampil prima seperti layaknya tinggal di habitatnya.
  5. Makanan utama adalah pisang. Pisang yang sudah lama di sangkar harap diganti yang baru yang nampak fres atau baru.
  6. Berikan tambaan makanan seperti voer yang memiliki kwalitas baik.
  7. Racik voer dengan memberi tambahan makanan lainnya. Baca cara meracik voer untuk makanan burung cucak jenggot.
  8. Setiap hari minggu, Selasa dan kamis berikan burung cucak jenggot anda satu sendok makan kroto. Hal ini bertujuan untuk memberi stamina dan kesegaran yang alami dan burung selalu tampil sehat.
  9. Setiap pagi dan sore hari berikan burung anda satu hingga dua jangkrik.
  10. Setiap seminggu sekali berikan burung cucak jenggot anda madu yang dicampur air panas. Tapi anda berikan campuran madu dan air itu dalam keadaan dingin. Tujuannya adalah agar burung cucak jenggot anda selalu hangat dan stamina selalu sehat dan bugar. Dengan begitu burung anda selau gacor dan tidak malas berbunyi.
  11. Tempat makan burung pastikan selalu bersih, terutama tempat air minumnya.
  12. Pada jam 17.00 kerudung sangkar burung anda agar burung dapat beristirahat lebih lama.
  13. Taruhlah sangkar di tempat yang sejuk yang terdapat udara yang bersih dan ruangan yang berfentilasi.
  14. Lakukan kegiatan tersebut di atas dari nomor 2 hingga nomor 12 setiap hari.
Semoga tips ini dapat bermanfaat. baca juga artikel kami download aneka suara cucak jenggot MP3 untuk masteran

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Hanif
AUTHOR
24 Januari 2020 pukul 12.43 delete

Mohon posting harga cucak jenggot om

Reply
avatar