Kamis, 28 Juli 2016

wahyu hidayat

Dampak Pemberian Voer Yang Berlebihan Bagi Burung Peliharaan

Tentu sangat banyak dampak yang diakibatkan pada burung peliharaan kita bila pemberian voer diberikan terlalu berlebihan. Meski dampak positifnya juga ada, akan tetapi dampak negative dari pemberian voer yang berlebihan akan memiliki pengaruh terhadap burung peliharaan kita. Baik yang sifatnya sementara maupun permanen. Burung peliharaan kita merupakan amanah dan tanggung jawab untuk kita jaga dari segala kemungkinan yang berpengaruh kepada kesehatannya maupun perkembangan mental dan karakternya.
Kami akan ulas dampak negative dan dampak positif dari pemberian voer yang berlebihan pada burung berkicau atau burung pelihaaraan kita. Apa saja dampak-dampak tersebut?
Berikut dampak positif dari pemberian voer pada burung antara lain

  1. Pertumbuhan burung jelas nampak cepat besar. 
  2. Mudah, praktis dan cepat penyajiannya.
  3. Mudah mengenyangkan burung. Karena voer memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang diracik khusus untuk burung.
  4. Dapat digunakan dalam jangka waktu yang relative lebih lama.
  5. Lebih hemat dengan harga yang mudah dijangkau alias murah.

Adapun dampak negative dari pemberian voer yang terlalu berlebihan adalah

  1. Terlalu banyak pemberian voer akan mempengaruhi kicau atau bunyi pada burung. Kandungan voer membuat suhu badan pada tubuh burung menjadi panas sehingga dapat mempengaruhi kicau atau bunyi.
  2. Kotoran burung berbau kurang enak dari pada pakan burung yang alami seperti kroto, jangkrik, atau buah-buahan. Sehingga dapat mengurangi kesehatan pada siburung.
  3. Aktivitas burung kurang lincah, kurang gesit, dan mudah terkena virus.
  4. Bulu burung kurang nampak bagus dan kurang mengkilap karena asupan pada voer memiliki kandungan yang dapat meningkatkan suhu tubuh pada burung sehingga mempengaruhi bulu burung cepat rontok. 
  5. Burung mudah stress dengan ditandainya jarang berkicau atau berbunyi.
  6. Dapat mengurangi daya ingat pada burung. Hal ini ditandai dengan kicau atau bunyi burung selalu monoton tanpa variasi bunyi lain.
  7. Bau badan pada burung terlalu mencolok dan berbau kurang enak bila tidak dimandikan setiap hari.
  8. Pemberian voer yang berlebihan juga dapat berdampak kebutaan dan pengeroposan pada tulang-tulang pada burung berkicau kita. Hal itu karena dipastikan kandungan voer didalamnya terdapat campuran zat kimia dan bahan pengawet yang kurang seimbang dalam pemberian takaran dan penyajiannya.

Demikian seklumit artikel kami dari dampak pemberian voer yang berlebihan bagi burung peliharaan. Semoga artilel ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan nuansa tempat berbagi yang berpositif! Amin
Mari kita jaga dan kita sayangi serta kita rawat burung peliharaan kita sebagaimana mereka seperti anak kita sendiri. karena ereka juga sama dengan Makhluk yang lain dan mereka juga sama-sama ciptaan Tuhan
salam dunia burung

Subscribe to this Blog via Email :