Jumat, 29 Juli 2016

wahyu hidayat

Cara Mudah Mengatasi Burung Cucak Ijo Ngurap Agar Kembali Fit

Istilah ngurap atau ganti bulu pada burung biasa terjadi. Pada setiap makhluk hidup hal itu selalu terjadi. Contoh kecilnya adalah bila pada ular, ngurap ini biasanya ular sedang ganti kulit. Kalau pada kepiting biasanya kulit pada kepiting bila dipegang kulit terasa lunak.
Bagi anda yang pecinta burung berkicau, tentu hari-hari ini sangat membosankan. Karena biasanya saat ngurap burung jadi malas berkicau atau bernyanyi. Hal tersebut bukan karena burung selamanya gak mau ngoceh atau berkicau, akan tetapi saat ini burung sedang mengalami penurunan aktivitas. Saat ngurap seperti ini suhu tubuh pada burung menjadi meningkat dikarenakan burung Bagaimana cara mengatasi burung ngurap atau ganti bulu?
  1. Berikanlah pakan atau makanan yang banyak mengandung gizi tinggi yang berbahan alami. Dalam hal ini contohnya adalah kroto 2 minggu sekali sebanyak 5 sendok makan
  2. Berikan 2 sampai 3 jangkrik setiap pagi dan 1 jangkrik pada siang serta 3 jangkrik pada waktu sore.
  3. Mandikan burung cucak ijo anda pada sore hari saja. Jemur kemudian angin-anginkan dan setelah kering pasang kerodong burung.
  4. Pantau pakan utama, yakni pisang jangan sampai habis. Kalau bisa selang selingkan jangan selalu pisang. Anda boleh memberikan apel merah yang renyah. Karena apel ini banyak mengandung seratyang tinggi yang sangat baik untuk burung pemakan herbivora.
  5. Jangan berikan voer untuk sementara dulu.
  6. Buka kerodong burung setiap 3 hari sekali. Dan ganti air minum burung bila sudah kotor atau sudah habis.
  7. Setelah dikerodong, bunyikan terapi suara air mengalir agar suasana burung merasa nyaman terasa berada di alam yang sesungguhnya. Bunyikan atau gunakan kegiatan ini setiap pagi antara pukul 05.00 sampai pukul 07.00. dimana pada waktu-waktu saat ini biasanya burung-burung di alam liar bernyanyi atau berkicau.
  8. Hindari dari terik matahari secara langsung saat menaruh burung peliharaan anda tersebut selama dalam kerodong. Atau carilah tempat yang teduh dan nyaman yang terdapat udara segar.
  9. Pastikan cuci bersih kerodong dan sangkar agar burung merasa nyaman dan terhindar dari bau yang tidak sedap.
  10. Berikan masteran setiap pagi dan siang hari.
  11. Pada saat ngurap seperti ini, sebaiknya untuk tidak memberikan multivitamin tambahan atau sejenisnya. Sebaiknya berikanlah air perasan mentimun atau melon setiap 2 kali seminggu agar suhu dalam tubuh burung sedikit menurun. 
  12. Jangan pertemukan burung yang sedang ngurap dengan burung yang lain kecuali kandang atau sangkar dalam keadaan dikerodong.

Subscribe to this Blog via Email :