Jumat, 06 Oktober 2017

wahyu hidayat

Cara Menjinakkan Burung Ciblek Yang Baru Dapat Dari Hutan

Burung ciblek terkenal dengan karakter burung yang sangat gesit, apalagi baru dapat dari hutan. Karakternya yang bertype fighter ini suka lompat dan hampir tidak ada diamnya apabila saat berada dalam kurung. Namun, sedikit pengalaman yang ingin saya bagi bersama dengan pecinta dunia burung dimanapun berada. Mudah-mudahan dapat memberi masukan dan manfaat. Bagaimana cara menjinakkan burung ciblek yang baru dapat dari hutan? Mari saya ulas selengkapnya, yakni:
  1. mandikan secara rutin tiap pagi dan malam hari burung ciblek yang baru anda dapat dari hutan. Memandikan secara baik dan benar agar burung ciblek bakalan anda tidak tambah stress. Mandikan pagi sekitar jam 07.00 WIB dan mandikan malam hari sekitar jam 19.00 WIB. Tujuan memandikan pada malam tujuannya ialah agar burung ciblek bakalan anda lebih jinak. Setelah dirasa cukup basah, ambil burung ciblek bakalan anda kemudian pegang dan usap-usaplah kepala atas pada burung ciblek bakalan anda. Lakukan ini secara rutin.
  2. tempatkan burung ciblek yang baru dapat dari hutan di tempat yang agak ramai. Tujuannya tidak lain agar burung ciblek bakalan tersebut terbiasa di tempat keramaian. Dengan terbiasanya burung ciblek di tempat keramaian, maka ia akan beradaptasi dengan lingkungan barunya dekat dengan manusia. Sehingga membuat burung ciblek ini menjadi jinak dan mudah bunyi.
  3. tutup separuh kurungan dengan kain sampai merasa burung sudah tenang. Sampai keadaan burung merasa aga tenang dan sudah terbiasa.
  4. agar burung tetap fit, karena biasanya burung ciblek yang baru dapat dari hutan sangat gesit. Berikan makanan penambah energy seperti makanan yang biasa burung ciblek makan di hutan. Namun, perlu juga burung ciblek yang baru dapat dari hutan dilatih dengan memberikan voer. Dengan tujuan agar burung ciblek yang masih bakalan tidak tergantung pada makanan alami. Bagaimana cara melatih burung ciblek bakalan dapat makan voer disini.
  5. Jangan lupa berikan makanan alami seperti ulat kandang tiap hari dan kroto tiap 3 kali seminggu dengan maksud agar burung tetap segar karena kekurangan tenaga yang tiap hari salto dan gerak-gerak aktif.
  6. kurungan untuk burung ciblek biasanya berukuran 10cm X 10 cm. hal ini malah bikin burung ciblek bakalan kurang leluasa bergerak. Oleh karenanya, kurungan ciblek yang baik adalah minimal panjang 20cm tinggi 30cm.
Demikian sahabat pencinta dunia burung kicau yang saya muliakan. Semoga berguna dan bermanfaat. salam 

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
2 Januari 2020 pukul 21.18 delete

Ciblek bahan bisa ngebren gak om

Reply
avatar