Selasa, 01 Agustus 2017

wahyu hidayat

Cara Mudah Membedakan Ciblek Jantan dan Betina

Bagi anda yang pemula dalam mencari ciblek atau prenjak putih agar tidak salah pilih seperti pada pengalaman saya waktu pertama kali mencari atau membeli burung ciblek atau prenjak putih satu tahun yang lalu. Jika tidak punya ancer-ancer atau tidak benar paham dan teliti serta tidak tahu mana yang jantan dan mana yang betina, maka kita sebagai konsumen saat membeli di pasar burung bisa jadi kita dirugikan oleh penjual.
Dengan mengetahui dengan jelas lewat artikel kecil ini mari saya pandu agar tidak tersesat seperti saya waktu dulu. Bagaimana cara membedakan ciblek jantan dan betina itu? Jawabannya adalah ternyata sangat mudah sekali. Jujur, saya mengetahui dengan pasti bukan melalui membaca di artikel blog atau situs. Akan tetapi, saya mengetahui dengan mencoba dan merawat sendiri burung ciblek atau prenjak putih ini selama bertahun-tahun sambil mengamatinya. berikut ini gambar ciblek yang pernah saya rawat dan kawinkan sendiri. 
Berikut cara membedakan ciblek jantan dan betina dengan mudah dan dengan hasil yang akurat berdasar ulasannya.
Pertama, lihat paruh pada burung ciblek atau prenjak putih yang akan anda pilih untuk dibeli. Perhatikan paruhnya dengan seksama, bila paruhnya hitam pekat mulai dari paruh atas sampai paruh bawahnya, berarti itu benar-benar jantan. Namun bila paruhnya terdapat warna putih di ujung paruhnya, maka itu jelas 100% betina.
Kedua, perhatikan alis di atas mata burung ciblek atau prenjak putih yang akan anda beli. Jika alis di atas mata burung ini berwana putih, berarti 100% itu adalah prenjak putih atau ciblek betina. Perhatikan dengan seksama, biasanya penjual menggunakan modus dengan menyemir alis pada atas mata agar terlihat berwarna hitam.
Ketiga, jika cara pertama dan kedua anda masih belum bisa paham karena tidak ada perbandingannya untuk dibandingkan, maka cara ketiga adalah melihat ekor burung ciblek atau prenjak putih ini dari ekornya. Perhatikan ekor yang paling atas, jika nampak panjang dan benar-benar panjang berarti itu jaminan jantan. Seperti pada gambar di atas mari, perhatikan gambar di atas bila kurang dipahami.

Semoga bermanfaat!

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
8 Oktober 2017 pukul 10.57 delete

update love bird y bosss

Reply
avatar