Sabtu, 07 Oktober 2017

wahyu hidayat

Cara mudah Melatih Burung Ciblek liar Mau Makan Voer

Bagi pecinta dunia burung yang kurang pengalaman dalam merawat burung ciblek ataupun burung apa saja yang baru didapat dari hutan dan emosi burungnya belum jinak sangatlah sulit. Bisa-bisa burung tersebut bisa mati karena stres dan tidak mau makan. setiap burung yan masih liar, dan baru didapat dari alam liar atau hutan, perlu dilakukannya perlakuan yang ekstra telaten. Pasalnya, burung liar alias bakalan yang baru didapat dari hutan atau alam liar tidak mudah untuk makan. Kenapa demikian? Termasuk jenis burung apa saja faktanya sangat sulit kecuali bagi mereka yang sudah terbiasa. Stress yang terjadi pada burung lebih susah dilakukan, mengingat mereka beradaptasi dengan lingkungannya sendiri di hutan atau ditempat-tempat yang luas dan bebas. Maka, ketika meraka (burung-burung ciblek/burung jenis lainnya) tertangkap oleh manusia, dan kemudian mereka dikurung di sangkar, bila burung-burung ini tidak diperlakuan dengan telaten maka sulit dan bahkan jarang kicau. Perlu cara menjinakkan burung ciblek atau burung-burung jenis lainnya. Disamping itu, perlu diperhatikan pula bagaimana untuk mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung ciblek anda jantan apa betina. Jangan sampai salah pilih saat kedapatan menangkap atau saat membeli di pasar burung.
Ulasan di atas hanya sebagai tips saja dengan maksud hanya untuk mengingatkan dan sekarang kita langsung ke topic inti yakni cara mudah melatih burung ciblek liar agar mau makan voer.
Pertama, siapkan dahulu bahan-bahannya, antara lain;
  1. Sediakan voer. Jenis voer ini tergantung selera anda sahabat dunia burung. Kalau saya biasa menggunakan voer yang bermerk “Leopard”. Kenapa saya pilih leopard, karena voer jenis ini sangat lembut dan kecil-kecil sehingga sangat cocok buat burung-burung kecil sebangsa burung-burung prenjak.
  2. Satu sendok kroto yang masih segar.
  3. Air bersih secukupnya.
  4. Untuk tambahan, sebagai penyedap rasa tambahkan madu secukpnya.
Kedua, setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah cukup, kemudian bahan-bahan tesebut di atas campurkan. Cara mencampurkannya ada takarannya. Dua sendok makan kroto dicampur dengan tiga sendok makan voer. Kemudian tambahkan air secukupnya. Jangan terlalu encer atau kebanyakan air karena dapat mengurangi nafsu selera burung ciblek. Kenapa demikian? Burung ciblek merupakan tipe burung pemakan serangga.
Jadi kalau terlalu banyak air sejatinya justru tidak dapat memberikan rasa untuk tertarik makan voer yang telah dicampur kroto tersebut.
Jadi takaran yang pas adalah dua kroto dicampur tiga voer kemudian ditambah air tujuh tetes saja. Kemudian aduk hingga rata. Tambahkan madu sebagai penyedap setengah sendok makan. Aduk lagi hingga menjadi rata. Setelah itu, voer siap untuk dihidangkan pada burung ciblek anda.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Salam dunia burung

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
20 November 2017 pukul 08.27 delete

Trimakasih saya sdh coba..
Tp msh blm efektif 100%. Maaf

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 Februari 2019 pukul 22.34 delete

Kalo pake ulet bisa ga

Reply
avatar